Problem Interview Learning : Case Study Makanan Sehat (O’LEAD HEALTHY FOOD)

Setelah melakukan interview terhadap 5 orang di tiap segmen, yaitu segmen pegiat hidup sehat dan segmen orang yang ingin diet, kami bisa memahami masalah yang dirasakan mereka.

Product Risk : What are you solving? (Problem)

Hypothesis

Problem Interview yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh masyarakat saat membeli makanan sehat

Insights

Setelah melakukan wawancara kepada 10 orang, baik dari segmen pegiat hidup sehat dan orang yang ingin diet, sama-sama memiliki masalah yang dihadapi saat ingin melakukan hidup sehat maupun diet dalam segi pemilihan makanan.

Dari segmen pegiat hidup sehat sendiri masalah yang paling dirasakan saat ingin memulai hidup sehat adalah bingung untuk memilih makanan sehat yang cocok untuk memulai hidup sehat. Mereka bingung karena tidak semua makanan sehat yang ada di pasaran cocok dengan tubuh mereka, baik dari segi kandungan gizi maupun kehigienisan. Selain itu dalam kondisi pandemi seperti ini untuk mencari catering atau penjual makanan sehat yang terpercaya untuk masalah bahan baku dan juga kebersihan makanan yang kurang terjaga. Selain itu mereka mengeluhkan menu makanan sehat yang ada di pasaran kurang bervariasi dari segi menu dan juga dari segi rasa terasa biasa saja.

Untuk segmen orang yang ingin diet sendiri masalah yang paling dirasakan saat ingin memulai dietnya adalah merasa bahwa diet adalah hal yang susah dan mahal, baik dari menjalankan pola hidup diet maupun dari segi harga makanan diet yang ditawarkan. Banyak dari mereka merasa bahwa untuk menjalankan diet itu harus konsisten dan tidak bisa dilihat hasilnya dalam jangka waktu yang pendek atau instan, karena membutuhkan proses yang panjang dan kebanyakan dari orang yang ingin menjalankan diet itu mereka mengeluhkan dari sisi harga makanan sehat untuk diet yang ada di pasaran cenderung mahal. Selain itu self control juga menjadi masalah yang dirasakan oleh narasumber saat menjalani diet, sehingga tidak bisa menahan diri untuk porsi makan yang banyak.

Market Risk: Who is the competition? (Existing alternatives)

Hypothesis

Problem interview yang dilakukan ini akan mengetahui apa yang dilakukan oleh para narasumber untuk mengatasi masalahnya yang sudah disebutkan diatas.

Insights

Untuk segmen pegiat hidup sehat, kebanyakan dari mereka mengatasi masalah tersebut yakni dengan mencari informasi tentang makanan sehat yang ada di internet, baik itu tentang bagaimana cara memulai hidup sehat dan juga cara memasak makanan sehat sendiri dengan bahan baku yang ada di rumah. Selain itu narasumber juga mencari informasi dengan menanyakan teman tentang bagaimana cara memulai hidup sehat dan menyocokkan informasi yang didapat tentang hidup sehat dengan keadaan tubuh narasumber tersebut. Untuk permasalahan menu yang kurang bervariasi dan segi rasa yang biasa saja, hal yang dilakukan oleh narasumber untuk mengatasi masalah tersebut adalah menyarankan kepada pihak catering dan juga penjual makanan sehat untuk lebih bisa menambah variasi menu, sedangkan dari segi rasa narasumber cenderung menerima bahwa rasanya biasa saja karena makanan sehat sudah sewajarnya seperti itu.

Dari segmen orang yang ingin diet, cara mereka mengatasi masalah tersebut yaitu dengan merubah pola makan agar teratur dan juga saat menjalani proses diet terus meyakinkan diri sendiri untuk bisa terus konsisten menjalankan diet. Sedangkan dari segi harga yang mahal, narasumber mengatasi masalah tersebut dengan memasak dan membuat makanan sehat sendiri sehingga hanya perlu bahan baku dan lebih terjangkau.

Customer Risk : Who has the pain? (Customer Segment)

Hypothesis

Problem interview ini akan mengetahui dan memvalidasi bahwa pegiat hidup sehat dan orang yang ingin diet adalah customer segment yang tepat.

Insights

Dari narasumber tiap segmen yang sudah diwawancarai dan hasil jawaban dari mereka, menunjukkan bahwa tiap segmen yaitu dari segmen pegiat hidup sehat dan juga orang yang ingin diet, sama-sama menunjukkan masalah yang dialami oleh narasumber dari tiap segmen tersebut. Kedua segmen tersebut mengalami masalah dari proses yang dijalani yaitu dari hidup sehat dan diet, dan juga mengalami masalah dari segi pemilihan makanan sehat yang cocok bagi mereka.

Updated Lean Canvas

Setelah mendapatkan insight dari narasumber yang sudah diwawancarai, berikut lean canvas yang sudah diperbaharui berdasarkan wawancara yang sudah dilakukan :

Bukti Wawancara :